TEMPAT KEDUDUKAN DAN LETAK PERUSAHAAN
Haiiii, pembahasan kali ini aku kan
membahas tempat kedudukan dan letak perusahaan. Tempat kedudukan dan letak
perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang dapat menjamin tecapainya
tujuan dari suatu perusahaan. Ketepatan pemilihan tempat kedudukan dan letak
perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga bagi suatu perusahaan. akah
al itu sangat hati-hati dilakukan atas dasar fakta yang lengkap.
1.
Tempat Kedudukan Perusahaan.
Tempat
kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan
perusahaan pada umumnya dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan
lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan
dan sebagainya.
2.
Letak Perusahaan.
Letak
perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak
perusahaan dipengaruhi oleh faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan
terutama dalam kaitannya dengan biaya. aktor-faktor
yang mempengaruhi biaya, antara lain:
Ø
Harga
bahan mentah/bahan pembantu.
Ø
Tingkat
upah buruh.
Ø
Tanah.
Ø
Pajak.
Ø
Tingkat
bunga.
Ø
Biaya
alat produksi.
Ø
Biaya
atas jasa pihak ketiga.
Letak
perusahaan dapat dibedakan menjadi empat :
v
Letak
perusahaan yang terikat dengan alam.
Perusahaan yang pada umumnya karena ketersediaan
dan kemudahan bahan baku. Seperti perusahaan pertambangan, perkebunan,
pertanian, dll.
v
Letak
perusahaan yang terikat dengan sejarah.
Letak perusahaan yang hanya dapat dijelaskan
berdasarkan sejarah. Seperti perusahaan batik, kerajinan, dll.
v
Letak
perusahaan ditentukan oleh pemerintan.
Letak perusahaan yang ditentukan oleh
pemerintah berdasarkan pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dll. Seperti,
perusahaan bahan kimia dll.
v
Letak
perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi.
Letak perusahaan yang letaknya ditentukan
berdasarkan faktor ekonomi yang mempengaruhinya. Seperti, ketersediaan bahan
mentah, ketersediaan tenaga air, ketersediaan modal, ketersediaan tenaga kerja,
transportasi, pasar dan kesesuaian iklim.
Sumber
: Fuad,M., et al. (2000). Pengantar
Bisnis. Jakarta : Penerbit Gramedia Media Utama
Komentar
Posting Komentar