Kegagalan Pasar (Market Failure)
Kegagalan pasar (Market Failure) adalah pasar gagal menjadi alat alokasi sumber daya
yang efisie, sehingga timbul biaya tambahan dan kerugian kerugian.
Penyebab
kegagalan pasar :
1. Informasi tidak
sempurna.
Biasanya
disebabkan karena tidak mengetahui secara persis kualitas suatu barang.
Contoh : ketika membeli
mobil bekas, kita perlu menyewa montir yang terpecaya agar kita tidak tertipu
dari kualitas mobil tersebut. Kita pelu menbayar montir untuk mengetahui
informasi yang tidak sempurna.
2. Daya monopoli
Perusahaan
yang memili daya monopoli sering kali seenaknya menaikan harga, sehingga
konsumen membayar lebih mahal.
3. Eksternalitas
Eksternalitas
adalah keuntungan atau kerugian yang dinikmati atau diderita pelau ekonomi sebagai
akibat dari pelaku ekonomi lain.
Contoh :
§ Eksternalitas positif : ketika ada
konser music, muncul pedagang kakl lima dadakan. Pedagang kaki lima tidak perlu
membayar ke panitia konser. Jadi, pedagang mengalami keuuntungan dan panitia
konser tidak mendapat apa-apa.
§ Eksternalitas negatif :
ketika mendirikan pertenakan ayam di lingkungan perumahan, warga akan protes
karena baud an polisi yang di timbulkan
4. Barang Publik.
§ Barang publik adalah barang yang bersifat non rivalry (bisa dinikmati
orang banyak secara bersamaan) dan non exclusive (gratis). Umumnya disediakan
pemerintah lewat pembayaran pajak oleh warga negara. Contoh : jalan raya,
masjid, lampu lalu lintas, dsb
§ Barang semi publik. Contoh : jalan tol karena tidak gratis.
§ Barang pribadi. Contoh : pakaian karena tidak gratis dan tidak bisa
dipakai orang lain secara bersamaan.
5. Barang Alturisme.
Barang
alturisme adalah barang yang ketersediaannya berdasarkan suka rela karena
alasan kemanusiaan. Contoh : darah yang disediakan oleh donor darah.
Komentar
Posting Komentar