FUNGSI MANAJEMEN

A. Perencanaan (planning).
Perencanaan adalah proses dasar yang digunakan untuk memilih tujuandan menentukan pencakupan tujuan. Merencanakan berarti mengupayakan pengunaan sumber daya manusia (human resources), sumber daya alam (natural resources), dan sumber daya lainnya (other resources) untuk mencapai tujuan.
Perencanaan telah dipertimbangkan sebagai fungsi utama manajemen dan meliputi segala sesuatu yang manajer kerjakan. Di dalam perencanaan, manajer memperhatikan masa depan dengan membuat keputusan biasanya menjadi bagian dari perencanaan karena setiap pilihan dibuat berdasarkan proses penyelesaian setiap rencana. Perencanaan penting karena banyak berperan dalam menggerakan fungsi manajemen yang lain.
Contoh            :
Kasus : Mengerjakan Tugas.
·         Planning (Perencanaan)        :
Ø  Menyiapkan alat-alat tulis untuk mengerjakan tugas.
Ø  Menyiapkan tugas yang telah diberikan dosen untuk dikerjakan.

B.    Pengorganisasian (Organizing).
Pengorganisasian adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Pengorganisasian juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas. Aspek utama lain dari pengorganisasian adalah pengelompokan kegiatan ke departemen atau beberapa subdivisi lainnya.
Contoh  :
            Kasus : Mengerjakan Tugas.
·         Organizing (Pengorganisasian)          :
Ø  Mencari jawaban dari berbagai sumber.
Ø  Membuat kata-kata sendiri untuk jawaban yang akan ditulis.

C.  Pengarahan (Actuating)
Pengarahan adalah peran manajer untuk mengarahkan pekerja yang sesuai dengan tujuan organisasi. Pengarahan adalah implementasi rencana, berbeda dari planning dan organizingPengarahan  membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Sehingga tanpa tindakan nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau impian yang tidak pernah menjadi kenyataan.
Contoh            :
            Kasus : Mengerjakan Tugas.
·         Actuating (Pelaksanaan)                  :
Ø  Menuangkan semua inspirasi yang telah dibuat ke lembar tugas yang telah dipersiapkan sebelumnya.

D.     Pelaksanaan (Controlling)
Pelaksanaan, memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana. Hal ini membandingkan antara kinerja aktual dengan standar yang telah ditentukan. Jika terjadi perbedaan yang signifikan antara kinerja aktual dan yang diharapkan, manajer harus mengambil tindakan yang sifatnya mengoreksi. Fungsi dari pelaksanaan adalah menentukan apakah rencana awal perlu direvisi, melihat hasil dari kinerja selama ini. Jika dirasa butuh ada perubahan, maka seorang manajer akan kembali pada proses planning. Di mana ia akan merencanakan sesuatu yang baru, berdasarkan hasil dari controlling.
Contoh            :
            Kasus : MengerjakanTugas.
·         Controlling (Pelaksanaan)                 :
Ø  Memeriksa kembali jawaban tugas yang telah dikerjakan, apakah sesuai dengan tugas yang diberikan atau ada yang masih belum terlengkapi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal TOEFL Written and Structure

Kegagalan Pasar (Market Failure)

PERKEMBANGAN TERAKHIR DALAM ETIKA BISNIS DAN PROFESI