PDB, pertumbuhan, dan Perubahan Struktur Ekonomi.

Produk Domestik Bruto  (Gross Domestic Bruto ).
PDB adalah nilai keseluruhan di dalam wilayah tertentu baik berupa barang ataupun jasa yang diproduksi dalam jangka waktu tertentu. PDB berguna untuk menganalisis dan memberikan gambaran secara ringkas tingkat kemakmuran dan kesejahteraan sosial di suatu wilayah. Semakin tinggi angka PDB maka tingkat kemakmuran juga akan semakin tinggi.

Pertumbuhan dan Perubahan Struktur Ekonomi.
A.   Pertumbuhan Ekonomi.
Pertumbuhan ekonomi merupakan perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkelanjutan agar mejadi lebih baik pada periode tertentu. Petumbuhan ekonomi bisa juga diartikan sebai proses kenaikan kapasitas produksi pada perekonomian yang berbentk keikan pendapatan nasional. Keberhasilan pembanguan ekonomi suatu negara didasarkan pada pertumbuhan ekonomi.
B.    Perubahan Struktur Ekonomi.
Pembangunan ekonomi yang berjalan jangka panjang dapat merubah struktur ekonomi dari pertanian ke industry. Semakin cepat pertumbuhan ekonomi, maka pendapatan perkapita juga semakin meningkat, karena perubahan struktur ekonomi yang berjalan semakin cepat. Perubahan ekonomi merupakan sebuah perubahan yang berkaitan dengan yang lainnya unruk mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan Ekonomi Selama Orde Baru Hingga Saat Ini.
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia selama orde baru hingga saat ini mengalami berbagai perubahan dan perkembangan yang membentuk sebuah dinamika. Factor utama yang menyebabkan perubahan itu disebabkan karena adanya perubahan  kepemimpina. Pada masa orde lama, pemerintah lebih mencondongkan pembanguan ekonomi kedalam. Pada pemerintahan orde lama pemerintah paling anti dengan bantuan dari negara luar, pemerintah meyakini bahwa negri ini bisa berkembang oleh penduduknya sendiri. Namun, kenyataanya kebijakan yang diberi justru menjadikan ketepurukann ekonomi.
Ketika negara pada masa Orde Baru, pemerintah lebih mencondongkan pembangunan ekonomi Indonesia ke luar. Pada masa orde baru sikap pemerintah yang membuka diri terhadap bantuan luar negeri, penanaman modal asing, serta keikutsertaan dalam organisasi internasional.
Sedangkan pada era Reformasi saat ini, Indonesia tetap meneruskan pembagunan ekonomi keluar. Pada saat ini Indonesia masih aktif di beberapa organisasi ekonomi internasional, peningkatan upaya ekspor, serta menjalin hubungan kerjasama dengan pihak asing, seperti membuka penanaman modal asing dan bantuan dari luar negeri. Namun kembali lagi perlu diingat bahwa tidak akan ada gunanya kebijakan ekonomi yang berorientasi ke luar, jika tidak diimbangi dengan pemberdayaan pengusaha kecil maupun industri domestik. Sehingga alangkah baiknya jika kedepannya Indonesia dapat mengutamakan dan memperdayakan ekonomi dalam negeri dan tidak terlalu bergantung pada pihak asing.

Faktor-Faktor Penentu Prospek Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.
Secara garis besar, terdapat sedikitnya 2 (dua) faktor yang menentukan prospek pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Adapun kedua faktor tersebut adalah :
1.     Faktor Internal.
Penyebabnya adalah pemulihan ekonomi nasional yang lambat sehingga menyebabkan banyak investor asing yang tidak ingin menanamkan modal.
2.    Faktor Eksternal.
Salah satu yang menjadi factor eksternal adalah kondisi perdagangan dan perekonomian regional. Factor ini berguna untuk mendukung proses pemulihan ekonomi di Indonesia. apabila perdagangan dan perekonomian negara sedang melemah maka akan berdampak pada pemulihan ekonomi yang banyak menghabiskan banyak waktu dan akhirnya menghambat kemajuan perekonomian di negara tersebut.
Selain itu, ada faktor yang dianggap penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu negara, yaitu:
ü  Faktor Sumber Daya Manusia
SDM merupakan faktor terpenting dalam proses pembangunan, karena cepat lambatnya proses pembangunan tergantung kepada sejauh mana sumber daya manusianya selaku subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses  pembangunan. 

Perubahan Struktur Ekonomi.
Pembangunan ekonomi yang berjalan jangka panjang dapat merubah struktur ekonomi dari pertanian ke industry. Semakin cepat pertumbuhan ekonomi, maka pendapatan perkapita juga semakin meningkat, karena perubahan struktur ekonomi yang berjalan semakin cepat. Perubahan ekonomi merupakan sebuah perubahan yang berkaitan dengan yang lainnya untuk mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.


Komentar

  1. Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa garut,sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website dari KI SULTAN AGUNG sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh yakin dan melaksanakan apa yang di sampaikan KI SULTAN AGUNG, semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari alhamdulilah akhirnya KI SULTAN AGUNG membantu saya pesugihan dana gaib 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di JOGJA, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SULTAN AGUNG di 085242892678 atau kunjungi websitenya agar lebih di mengerti www.rajauanggaib.com tidak lansung datang ke jawa juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. alhamdulillah hasilnya sama baik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal TOEFL Written and Structure

Kegagalan Pasar (Market Failure)

PERKEMBANGAN TERAKHIR DALAM ETIKA BISNIS DAN PROFESI