Kegagalan Pasar (Market Failure)

Kegagalan pasar (Market Failure) adalah pasar gagal menjadi alat alokasi sumber daya yang efisie, sehingga timbul biaya tambahan dan kerugian kerugian.
Penyebab kegagalan pasar    :
1.      Informasi tidak sempurna.
Biasanya disebabkan karena tidak mengetahui secara persis kualitas suatu barang.
Contoh : ketika membeli mobil bekas, kita perlu menyewa montir yang terpecaya agar kita tidak tertipu dari kualitas mobil tersebut. Kita pelu menbayar montir untuk mengetahui informasi yang tidak sempurna.
2.      Daya monopoli
Perusahaan yang memili daya monopoli sering kali seenaknya menaikan harga, sehingga konsumen membayar lebih mahal.
3.      Eksternalitas
Eksternalitas adalah keuntungan atau kerugian yang dinikmati atau diderita pelau ekonomi sebagai akibat dari pelaku ekonomi lain.
Contoh               :
§  Eksternalitas positif  : ketika ada konser music, muncul pedagang kakl lima dadakan. Pedagang kaki lima tidak perlu membayar ke panitia konser. Jadi, pedagang mengalami keuuntungan dan panitia konser tidak mendapat apa-apa.
§  Eksternalitas negatif : ketika mendirikan pertenakan ayam di lingkungan perumahan, warga akan protes karena baud an polisi yang di timbulkan
4.      Barang Publik.
§  Barang publik adalah barang yang bersifat non rivalry (bisa dinikmati orang banyak secara bersamaan) dan non exclusive (gratis). Umumnya disediakan pemerintah lewat pembayaran pajak oleh warga negara. Contoh : jalan raya, masjid, lampu lalu lintas, dsb
§  Barang semi publik. Contoh : jalan tol karena tidak gratis.
§  Barang pribadi. Contoh : pakaian karena tidak gratis dan tidak bisa dipakai orang lain secara bersamaan.
5.      Barang Alturisme.
Barang alturisme adalah barang yang ketersediaannya berdasarkan suka rela karena alasan kemanusiaan. Contoh : darah yang disediakan oleh donor darah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal TOEFL Written and Structure

PERKEMBANGAN TERAKHIR DALAM ETIKA BISNIS DAN PROFESI