Sistem Ekonomi Indonesia

Pengertian Sistem.
Sistem adalah suatu kesatuan yang dihubungkan bersama untuk mencapai suatu tujuan.Contohnya negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa kebudayaan dimana rakyat yang berada di dalam negaralah yang berperan sebagai penggeraknya. Kata sistem sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, dan kata sistem itu sendiri mempunyai beragam makna dalam segala bidang. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Sistem Ekonomi di Negara Indonesia

Sistem Ekonomi dan Sistem Politik
Ø  Sistem Ekonomi.
Sistem ekonomi adalah aturan dan tata cara yang mengatur perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi untuk meraih suatu tujuan. Sistem perekonomian yang diterapkan oleh negara Indonesia adalah Sistem perekonomian Pancasila. Itu berarti sistem perekonomiannya harus berpedoman pada Pancasila. Sehingga secara normatif Pancasila dan UUD 1945 merupakan landasaan idiil sistem perekonomian di Indonesia.
Ø  Sistem Politik.
Sistem politik adalah sekumpulan pendapat dan prinsip, yang saling berhubungan sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau dengan Negara dan hubungan Negara dengan Negara.

Kapitalisme dan Sosialisme.
Ø  Sistem Ekonomi Kapitalis.
Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi baang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Pada sistem ini pemerintah bisa turut ambil bagian untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan kegiatan perekonomian yang berjalan, tetapi bisa juga pemerintah tidak ikut campur dalam ekonomi.
Dalam perekonomian kapitalisme setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Hal itu berarti semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba sebesar-besarnya dan juga bebas malakukan kompetisi untuk memenangkan persaingan bebas dengan berbagai cara.
Ciri-ciri sistem ekonomi Kapitalisme :
1.     Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi.
2.    Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar.
3.    Manusia dipandang sebagai mahluk homo-economicus, yang selalu mengejar kepentingann (keuntungan) sendiri.
4.    Paham individualisme didasarkan materialisme, warisan zaman Yunani Kuno (disebut hedonisme)
Ø  Sistem ekonomi sosialisme.
Sosialisme adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Hal itu berarti pada sistem perekonomian sosialisme, pemerintah ikut masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara. Menurut pandangan dari Sistem Sosialis ( Socialist Economy) menyatakan bahwa kemakmuran individu mungkin akan tercapai bila berpondasikan kemakmuran bersama.
Prinsip Dasar Ekonomi Sosialisme        :
1.    Pemilikan harta oleh negara.
2.   Kesamaan ekonomi.
3.   Disiplin Politik.
Ciri-ciri Ekonomi Sosialisme                :
1.    Lebih mengutamakan kebersamaan (kolektivisme).
2.   Peran pemerintah sangat kuat.
3.   Sifat manusia ditentukan oleh pola produksi.

Persaingan Terkendali.
Persaingan terkendali merupakan persaingan yang terencana dan dikendalikan pemerintah untuk menghindari persaingan tidak sehat dalam pasar barang tertentu dengan cara membuka prioritas-prioritas bidang usaha, termasuk juga prioritas lokasi usaha misalnya dengan mengumumkan daftar negatif investasi ( DNI ).
Indonesia merupakan negara yang sistem ekonominya terkendali,ciri-ciri persaingan terkendali adalah:
a.    Bukan kapitalis dan bukan sosialis. Indonesia mengakui kepemilikan individu terhadap sumber ekonomi, kecuali sumber ekonomi yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara sesuai dengan UUD 45.
b.    Pengakuan terhadap kompetisi antar individu dalam meningkatkan taraf hidup dan antar badan usaha untuk mencari keuntungan, tapi pemerintah juga mengatur bidang pendidikan, ketenagakerjaan, persaingan, dan membuka prioritas usaha.
c.    Pengakuan terhadap penerimaan imbalan oleh individu atas prestasi kerja dan badan usaha dalam mencari keuntungan. Pemerintah mengatur upah kerja minimum dan hukum perburuhan. 
d.    Pengelolaan ekonomi tidak sepenuhnya percaya kepada pasar. Pemerintah juga bermain dalam perekonomian melalui BUMN dan BUMD serta departemen teknis untuk membantu meningkatkan kemampuan wirausahawan (UKM) dan membantu permodalan.

Kadar kapitalisme dan Sosialisme.
Unsur kapitalisme dan sosialisme yang ada dalam sistem ekonomi Indonesia dapat dilihat dari sudut berikut ini:
a.    Pendekatan faktual struktural yakni menelaah maupun mengkaji peranan pemerintah dalam perekonomian, pengukuran kadar pemerintah, juga dapat dilihat dari peranan pemerintah secara sektoral terutama dalam pengaturan bisnis dan penentuan harga. Pemerintah hampir mengatur bisnis dan harga untuk setiap sector usaha.
b.    Pendekatan sejarah yakni menelusuri pengorganisasian perekonomian Indoensia dari waktu ke waktu. Berdasarkan sejarah, Indonesia dalam pengeloaan ekonomi tidak pernah terlalu berat kepada kapitalisme atau sosialisme. Percobaan untuk mengikuti sistem kapitalis yang dilakukan oleh berbagai kabinet menghasilkan keterpurukan ekonomi hinggá akhir tahun 1959.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal TOEFL Written and Structure

Kegagalan Pasar (Market Failure)

PERKEMBANGAN TERAKHIR DALAM ETIKA BISNIS DAN PROFESI