KOPERASI SEBAGAI SOLUSI KESEJAHTERAAN DAN MENGHINDARI DARI JERATAN LINTAH DARAT

NAMA KELOMPOK          :
1.       ANGELO BOGART
2.       NISSA SEKAR
3.       TITA YUNITA
4.       WIDYA ERISANTI
KELAS                                    : 2EB13

KOPERASI SEBAGAI SOLUSI KESEJAHTERAAN DAN MENGHINDARI DARI JERATAN LINTAH DARAT

          Disini saya akan menjelaskan mengapa koperasi sangat penting bagi masyarakat dan menghindari adanya BANK KELILING atau yang disebut “BANKE”. Koperasi pada umumnya menguntungkan rakyat karena memberikan pinjaman dan rakyat wajib mengembalikan dengan bunga yang sangat rendah.
Tujuan utama didirikannya koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Dengan pernyataan inilah maka dapat disimpulkan bahwa koperasi sangat menguntungkan bagi anggotanya baik secara keuangan (financial) maupun non financial. Manfaat secara keuangan yang dirasakan oleh para anggotanya adalah sebagai berikut :
a. dengan adanya koperasi, anggota dapat meminjam uang pada koperasi untuk modal usaha dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman kepada rentenir,
b. setiap anggota dapat membeli barang – barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah di koperasi,
b. pada akhir tahun setiap anggota mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil   Usaha (SHU) yang tentu saja setelah dikurangi biaya-biaya operasional. Dimana pembagian keuntungan atau sisa hasil usaha ini dibagi secara adil sehingga tidak ada yang dirugikan
Sedangkan secara no financial, anggota koperasi juga akan memperoleh keuntungan yakni sebagai berikut :
c.         Setiap anggota dapat berlatih berorganisasi dan bergotong royong
d.         Setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab

Berbeda dengan bank keliling, umumnya bank ini lebih dikenal oleh masyarakat kelas bawah karena bank keliling memberikan pinjaman tanpa persyaratan yang menyulitkan tapi jika ditelusuri lebih lanjut bank tersebut sangat merugikan bagi si peminjam, contohnya jika kita meminjam dana kepada pihak mereka sebesar 100 ribu,kita mencicilnya selama seminggu dan perhari kita diwajiban membayar cicilan sebesar 30 ribu ,maka sama saja kita membayar sebesar 210 ribu Karena diberikan bunga yang sangat besar dari pihak bank. Belum lagi jika kita menunggak pembayaran tersebut maka bunganya pun akan semakin besar dan tidak terbayangan jumlah cicilan yang kita bayar tidak sesuai dengan jumlah yang kita pinjam. Maka dari itu BANK KELILING sangat jauh prinsipnya dari KOPERASI, dimana bank keliling tidak sama sekali mensejahterakan kehidupan masyarakan melainkan menambah miskin masyarakat ,bank keliling juga tidak memiliki lisence atau badan hukum yang mempertanggung jawabkan jika ada pihak yang dirugikan dan memperkaya LINTAH DARAT !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal TOEFL Written and Structure

Kegagalan Pasar (Market Failure)

PERKEMBANGAN TERAKHIR DALAM ETIKA BISNIS DAN PROFESI