Pengertian Bisnis dan Jenis-jenisnya
Haaaiii guys, di postingan pertama ku ini aku mau
membahas seputar bisnis. Mungkin disini ada yang mau berbisnis dan masih
bingung dengan perngertian bisnis itu sendiri kaya gimana, jenis-jenisnya apa
dan alasan mengapa harus berbisnis. Oke, semoga blog ini bisa membatu kalian
yaa guys….
1.
Pengertian Bisnis.
Bisnis dalam bahasa ilmu ekonomi merupakan suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya,
untuk mendapatkan laba.
Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata
dasar “busy” yang berarti
"sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam
artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis dalam arti
luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang
memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari hari.
Menurut Griffin
& Ebert, Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau
jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Jadi, dapat kita
simpulkan bahwa Bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan individu dan
sekelompok orang (komunitas/organisasi) yang menyediakan barang ataupun jasa
kepada konsumen untuk mengerjakan suatu aktivitas dan memperoleh keuntungan
dalam bertransaksi.
2. Jenis-jenis Bisnis.
a)
Monopsoni
Monopsoni merupakan keadaan dimana satu pelaku
usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan
atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Kondisi Monopsoni sering terjadi
didaerah-daerah perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi
tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Perlu diteliti lebih jauh
dampak fenomena ini, apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan Monopsoni
sehingga tingkat kesejahteraan petani berpengaruh.
Contoh : hanya ada satu perusahaan Kereta Api di Indonesia yakni
KAI
b)
Oligopsoni
Oligopsoni
merupakan keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai
penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan atau jasa dalam
suatu pasar komoditas.
c)
Monopoli
Monopoli berasal dari bahasa yunani
yaitu monos yang berarti satu dan polein yang berarti menjual. Jadi, monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai
"monopolis".
Sebagai penentu harga (price-maker),
seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan
jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi,
semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian,
penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila
penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha
mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih
buruk lagi— mencarinya di pasar
gelap (black market).
d) Oligopoli
Menurut bahasa Oligopoli berasal dari kata olio yang berarti beberapa dan poli berarti penjual. Jadi, oligopoli merupakan
pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memosisikan
dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungan
yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga
semua usaha promosi, iklan,
pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan
untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Praktik oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu
upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk ke dalam pasar,
dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha
untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga
menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik
oligopoli menjadi tidak ada.
3. Mengapa harus berbisnis ?
Mengapa kita harus
berbisnis? Banyak sekali orang yang bertanya-tanya mengapa kita harus berbisnis.
Disini saya membuat beberapa alasan keuntungan dari berbisnis. Menurut saya,
fungsi berbisnis yaitu :
1)
Mengerjakan suatu aktivitas dan memperoleh
keuntungan saat menyediakan barang
ataupun jasa kepada konsumen dalam bertransaksi.
2)
Penghasilan juga tidak terbatas, karena disini
andalah bossnya.
3)
Tidak perlu terikat lagi dengan jam kerja.
4)
Dapat membuka lapangan pekerjakan yang memang pada
kenyataannya masih sangat minim di Indonesia.
5)
Jaminan untuk masa depan, jikalau nanti sudah
pensiun tetap mempunyai usaha yang mungkin nantinya bisa diwariskan ke
orang-orang terdekat kita misalnya anak atau pasangan.
Jadi bagaimana ? apakah
anda tertarik untuk berbisnis ? jika di pikir memang banyak sekali manfaat dari
berbisnis itu sendiri. Yak, cukup sampai disini dulu topic pembahasan kita,
sampai jumpaaa.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar