TOEFL


PENGERTIAN TOEFL
Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikatuntuk semua peserta tes di seluruh dunia.
Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test. Selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.
Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
·         listening comprehension,
·         grammar structure and written expression,
·         reading comprehension, dan
·         writing.

JENIS-JENIS TOEFL
A.    IBT (Internet-based test)  terdiri atas empat sesi yang digunakan untuk mengukur dasar dan fokus penggunaan bahasa inggris di bidang akademik serta lingkungan pendidikan yang lebih tinggi. 
1.      Reading terdiri dari 3-4 bagian,  masing-masing terdin atas 12-14 pertanyaan,  bacaan rata-rata memiliki 700 kata,  tema biasanya bersifat akademik dan waktu yang dalam sesi ini adalah 60-80 menit.
2.      Listening terdiri dari 6-9 bagian,  masing-masing terdiri atas 5-6 pertanyaan,  berisi percakapan selama 3 menit dan disertai 5 pertanyaan,  sesi ini memakan waktu 60-90 menit.
3.      Speaking terdiri dan 6 latihan dan 6 pertanyaan,  2 tugas independen mengunakan pengetahuan dengan memberikan tanggapan 4 tugas dengan kombinasi skills seperti reading dan waktu dalam sesi ini adalah 20 menit.
4.      Writing terdiri dari 2 latihan dengan 2 pertanyaan,  1 tugas dengan menulis pengalaman pribadi dan 1 tugas serupa tetapi dengan mendengar dan membaca terlebih dahulu.  Waktu dalam sesi ini adalah 50 menit.
B.     PBT (Paper-Based Test)  berlangsung selama tiga jam dan terbagi atas empat sesi yaitu:
1.      Listening terdiri atas 3 bagian, pertama dengan 30 pertanyaan dalam percakapan pendek, kedua dengan 8 pertanyaan disajikan dalam percakapan,  dan terakhir memuat 12 pertanyaan disajikan seperti acara perkuliahan Waktu Sesi ini adalah 30-40 menit.
2.      Express on terdiri atas 15 latinan untuk melengkapi kalimat dan 25 latihan untuk mengidentifikasi bagian yang keliru. Waktu sesi ini adalah 25 menit.
3.      Reading comprehension terdiri atas 60 pertanyaan yang dikaitan dengan beberapa bacaan waktu sesi ini adalah 55 menit.
4.      Writing menulis essai sebanyak 250-300 kata. Waktu sesi ini adalah 30 menit.
C.     CBT(Computer-Base Test)  Tes ini juga terdiri atas empat sesi yaitu
1.      Reading terdiri dari 3-5 bagian yang disertai 12-14 pertanyaan waktu yang diberikan adalah 60-100 menit.
2.      Listening terdiri dari 4-6 diskusi disertai 6 pertanyaan masing-masing dan 2-3 percakapan yang disertai 5 pertanyaan masin masing. Waktu yang diberikan adalah 60-90 menit.
3.      Speaking terdiri dan 6 tugas,  2 tugas independen dan 1 tugas kombinas waktu yang diberikan adalah 20 menit.
4.      Writing menulis 1 essai dalam waktu 50 menit

HAL-HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN SEBELUM MENGIKUTI TES TOEFL
Mempersiapkan diri agar bisa menjawab soal soal TOEFL itu sangat diperlukan untuk itu,  hal-hal dibawah ini harus diperhatikan agar tes kamu lancer
1.      Berlatih Mengerjakan soal TOEFL. Kamu bisa berlatih menjawab soal-soal ToEFL dengan membeli buku TOEFL Buku-buku TOEFL banyak dijual di toko buku.
2.      Listening. Agar terbiasa mendengarkan percakapan bahasa Inggris,  kamu bisa memulai latihan dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris atau menonton film berbahasa inggris.
3.      Reading. Sering-seringlah membaca buku, artikel, atau jurnal berbahasa Inggris Biasanya topik utama dalam teks reading ada pada kalimat pertama sebuah paragraph.
4.      Hindari Stress. Pikiran yang jenuh lelah dan stress akan sangat berpengaruh saat sedang mengerakan tes untuk itu sehari atau malam sebelum tes,  bisa refreshing dulu. Bisa juga dengan tidur lebih awal dan mematikan ponselmu.
5.      Rileks. Lakukan relaksasi pernapasan sebelum tes dimulai pejamkan mata tahan napas dalam-dalam lalu hembuskan melalu hidung. Lakukan ini 3x dan akan terasa lebih rileks.
6.      Berdoa. Sebelum mengenakan tes ada baiknya kamu berdoa terlebih dahulu berdoalah agar diberi kemudahan.
7.      Selamat Mengerjakan Tes TOEFL.

TRIK SUKSES DI TES TOEFL
1.      Rutin Belajar. Kunci utama untuk meraih kesuksesan. Karena semuanya tidak ada yang instan.  Oleh karena itu, rajinlah dalam belajar.
2.      Akrabkan Diri dengan Bahasa Inggris. Mengakrabkan diri dengan Bahasa bisa dengan cara mendengar lagu,  menonton film dengan bahasa inggris (tanpa translate)  dan dengan membaca literatur berbahasa Inggris. Maka dari itu, secara tidak langsung mengonsumsi bahasa inggris baik bisa terasa mengasyikkan sehingga akan lebih mudah masuk ke kepala.
3.      Anggap Tantangan. Jangan menjadikan tes bahasa inggris menjadi beban. Mulai saat ini jadikanlah itu sebagai tantangan tersendiri.

5 STRATEGI RAIH SKOR TOEFL YANG TINGGI
1.      Cari buku panduan TOEFL. Buku ini menjadi modal pertama untuk persiapan TOEFL. Pilih buku persiapan TOEFL yang lengkap sehingga bisa mendapatkan hasil belajar dari buku itu secara maksimal.
2.      Sempatkan waktu belajar setiap hari. Sempatkan setidaknya dua jam sehari untuk belajar. Walaupun dalam keadaan sibuk harus tetap konsisten meluangkan waktu untuk belajar.
3.      Kenali ragam tes TOEFL. Tes prediksi TOEFL bisa dimanfaatkan untuk melakukan simulasi hal ini berguna untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa inggris yang sebenarnya. Dengan hal ini akan lebih mengenal soal yang akan dihadapi.
4.      Latih kepekaan pendengaran dalam bahasa Inggris. Listening mernbutuhkan kepekaan yang luar biasa. Seperti yang telah disebutkan latihlah dengan mendengar lagu berbahasa inggris dan film berbahasa inggris.
5.      Fokus pada bagian dengan skor tinggi. Cobalah fokus untuk mengerjakan setiap bagian yang ada pada tes tersebut.

SUMBER :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal TOEFL Written and Structure

Kegagalan Pasar (Market Failure)

PERKEMBANGAN TERAKHIR DALAM ETIKA BISNIS DAN PROFESI