Pengertian Bisnis dan Jenis-jenisnya

Haaaiii guys, di postingan pertama ku ini aku mau membahas seputar bisnis. Mungkin disini ada yang mau berbisnis dan masih bingung dengan perngertian bisnis itu sendiri kaya gimana, jenis-jenisnya apa dan alasan mengapa harus berbisnis. Oke, semoga blog ini bisa membatu kalian yaa guys….

1.      Pengertian Bisnis.
Bisnis dalam bahasa ilmu ekonomi merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar “busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari hari.
Menurut Griffin & Ebert, Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Jadi, dapat kita simpulkan bahwa Bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan individu dan sekelompok orang (komunitas/organisasi) yang menyediakan barang ataupun jasa kepada konsumen untuk mengerjakan suatu aktivitas dan memperoleh keuntungan dalam bertransaksi.

2.   Jenis-jenis Bisnis.
a)     Monopsoni
Monopsoni merupakan keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Perlu diteliti lebih jauh dampak fenomena ini, apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan Monopsoni sehingga tingkat kesejahteraan petani berpengaruh.
Contoh : hanya ada satu perusahaan Kereta Api di Indonesia yakni KAI

b)     Oligopsoni
Oligopsoni merupakan keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan atau jasa dalam suatu pasar komoditas.

c)      Monopoli
Monopoli berasal dari bahasa yunani yaitu monos yang berarti satu dan polein yang berarti menjual. Jadi, monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market).

d)     Oligopoli
Menurut bahasa Oligopoli berasal dari kata olio yang berarti beberapa dan poli berarti penjual. Jadi, oligopoli merupakan pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memosisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Praktik oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk ke dalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.

3.     Mengapa harus berbisnis ?
Mengapa kita harus berbisnis? Banyak sekali orang yang bertanya-tanya mengapa kita harus berbisnis. Disini saya membuat beberapa alasan keuntungan dari berbisnis. Menurut saya, fungsi berbisnis yaitu :
1)       Mengerjakan suatu aktivitas dan memperoleh keuntungan  saat menyediakan barang ataupun jasa kepada konsumen dalam bertransaksi.
2)     Penghasilan juga tidak terbatas, karena disini andalah bossnya.
3)     Tidak perlu terikat lagi dengan jam kerja.
4)     Dapat membuka lapangan pekerjakan yang memang pada kenyataannya masih sangat minim di Indonesia.
5)     Jaminan untuk masa depan, jikalau nanti sudah pensiun tetap mempunyai usaha yang mungkin nantinya bisa diwariskan ke orang-orang terdekat kita misalnya anak atau pasangan.
Jadi bagaimana ? apakah anda tertarik untuk berbisnis ? jika di pikir memang banyak sekali manfaat dari berbisnis itu sendiri. Yak, cukup sampai disini dulu topic pembahasan kita, sampai jumpaaa.
Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal TOEFL Written and Structure

Kegagalan Pasar (Market Failure)

PERKEMBANGAN TERAKHIR DALAM ETIKA BISNIS DAN PROFESI